Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran Program Studi Magister
Tujuan
Berdasarkan VISI dan MISI Pascasarjana Universitas Udayana bertujuan mengembangkan lembaga dan menghasilkan lulusan Pascasarjana yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 
  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, dan kaidah ilmiah disertai keterampilan dalam menerapkannya;
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah;
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi di bidang ilmu masing-masing;
  4. Mempunyai kemampuan merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah di masyarakat dengan cara penalaran ilmiah sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Sasaran
Berdasarkan pada visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka sasaran pengelolaan Pascasarjana Universitas Udayana adalah para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan stakeholder. Unsur-unsur tersebut sebagai satu kesatuan yang sangat mempengaruhi proses belajar mengajar maupun kualitas alumni yang dihasilkan. Sasaran dari Pengelolaan Pascasarjana Universitas Udayana adalah :
  1. Kuantitas calon mahasiswa diupayakan mencapai daya tampung yang ditetapkan dengan kualitas yang terjaga melalui seleksi yang ketat.
  2. Masa studi mahasiswa diupayakan tepat waktu 3-4 semester untuk mencapai 90—100%.
  3. IPK lulusan mencapai rata-rata 3,75 sehingga mampu melanjutkan studinya ke jenjang Doktoral.
  4. Penguasaan dan pengimplementasian Ipteks oleh mahasiswa maupun alumni agar tetap beretika dan arif dengan berbasis pada PIP Unud kebudayaan.
  5. Alumni yang belum bekerja pada saat studi dapat terserap di dunia kerja dalam masa tunggu kurang dari 6 bulan setelah menyelesaikan studinya di S-2
  6. Alumni yang telah bekerja mampu meningkatkan kinerjanya pada tempat kerjanya dan adanya kepuasaan atasan atas kinerjanya.
  7. Alumni dari kalangan akademisi mampu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan maupun keterampilannya dalam mengajar, meneliti, melakukan pengabdian kepada masyarakat serta membangun jejaring kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Tujuan dan Sasaran Program Studi Doktor
Tujuan
Berdasarkan Visi dan Misi Program Pascasarjana Universitas Udayana bertujuan menghasilkan lulusan berkualifikasi sebagai berikut:
  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah.
  2. Bersifat terbuka dan tanggap perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian serta permasalahan yang dihadapi masyarakat.
  3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan metode baru yang akan digunakan dalam melakukan penelaahan taat kaidah.
  4. Menguasai pendekatan, teori, konsep, dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Akrab dengan permasalahan dan karya serta pemikiran mutakhir para ahli dalam lingkungan keilmuannya.
  6. Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam lingkungan keahliannya untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan permasalahan yang kompleks termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.
  7. Mampu mengomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya baik dengan sejawat maupun khalayak yang lebih luas.

Sasaran
Berdasarkan pada Visi, Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan maka sasaran dari Pengelolaan Program Pascasarjana Universitas Udayana adalah :
  1. Kuantitas calon mahasiswa diupayakan mencapai daya tampung yang ditetapkan dengan kualitas yang terjaga melalui seleksi yang ketat.
  2. Masa studi mahasiswa diupayakan tepat waktu 6-10 semester mencapai 90—100% untuk yang berpendidikan Magister sebidang dan 7-11 semester untuk yang berpendidikan Magister tidak sebidang.
  3. Penguasaan dan pengimplementasian Ipteks oleh mahasiswa maupun alumni agar tetap beretika dan arif dengan berbasis pada PIP Unud kebudayaan.
  4. Alumni yang belum bekerja pada saat studi dapat terserap di dunia kerja dalam masa tunggu kurang dari 6 bulan setelah menyelesaikan studinya di S3
  5. Alumni yang telah bekerja mampu meningkatkan kinerjanya pada tempat kerjanya dan adanya kepuasaan atasan atas kinerjanya.
  6. Alumni dari kalangan akademisi mampu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan maupun keterampilannya dalam mengajar, meneliti, melakukan pengabdian kepada masyarakat serta membangun jejaring kerjasama dengan pihak-pihak terkait.