Gandeng P3E KLHK RI, Pascasarjana Unud Gelar Kuliah Umum

Denpasar, 25 Juni 2024, Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) bekerjasama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara (P3E Bali Nusra) menggelar kuliah umum yang bertajuk Transglobal Leadership for Sustainability. Gelaran kuliah umum ini menghadirkan Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Sekjen KLHK RI), Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM., IPU sebagai narasumber yang membahas mengenai bagaimana pentingnya Transglobal Leadership untuk Indonesia Berkelanjutan. Kurang lebih 150 orang yang berasal dari mahasiswa dan dosen di lingkungan Unud turut menjadi peserta dalam kegiatan ini, turut hadir pula jajaran pimpinan Pascasarjana Unud serta pimpinan dan staf P3E KLHK RI. 



Sekjen KLHK RI yang saat ini juga menjabat sebagai dosen di Universitas Brawijaya Malang mengatakan bahwa Transglobal Leadership ini adalah kunci kesuksesan untuk mewujudkan keberlanjutan, topik ini pula yang mengantarkan beliau meraih gelar Doktornya di Universitas Brawijaya. "Transglobal leadership ini nantinya akan terasa ketika kita sudah memahami betul bahwa kepemimpinan itu tidak jadi begitu saja, melainkan perlu proses yang panjang serta praktek kepemimpinan yang baik", ucap Dr. Bambang Hendroyono. Sehingga dengan diadakannya kuliah umum ini, Dr. Bambang berharap materi ini akan bermanfaat untuk semua peserta yang hadir, utamanya untuk mahasiswa yang sedang berproses. 



Satu pandangan dengan Dr. Bambang, Prof. Dr. Ir. I Wayan Budiasa, S.P., M.P., IPU ASEAN Eng selaku Direktur Pascasarjana Unud juga menyampaikan bahwa transglobal leadership ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami. "Untuk mewujudkan keberlanjutan Negara Indonesia ini harus diawali dengan kepemimpinan, apabila pemimpinnya sudah paham mengenai keberlanjutan maka akan mampu mendorong lingkungannya maupun institusinya untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan', ucap Prof. WBA. Dalam hal ini, Unud sudah mencoba memulainya dengan menginternalisasikan sustainability atau ilmu keberlanjutan ke dalam kurikulum sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Salah satu wujud nyata yang kami lakukan adalah dengan mengajak 28 program studi atas arahan pimpinan Unud untuk menginternalisasi mata kuliah sustainability science ke dalam Buku Pedoman Program Magister Unud dan sudah dimulai dari tahun 2022, dan sudah diperbaharui pula pada tahun 2024 ini".



Secara formal, Unud sudah menginternalisasi sustainability ke dalam pendidikan (kurikulum) sehingga diharapkan mahasiswa-mahasiswa di Unud semakin paham akan pentingnya ilmu keberlanjutan. Dan melalui kuliah umum yang mengangkat tema keberlanjutan seperti ini juga diharapkan dapat memperkaya literasi mahasiswa maupun dosen tentang keberlanjutan. (bmp)