• Tentang Unud
  • E-Library
  • IMISSU
  • LPPM
  • OASE
  • en ENG
    • en INA
    • en ENG
POSTGRADUATE
UDAYANA UNIVERSITY
  • Home
  • Profile
    • Postgraduate Leader
    • Postgraduate History
    • Vission, Mission and Goals
    • The Strategic Plan
    • Tri Dharma College
    • Study Program Acredtiation
    • Partnership
  • Study Program
    • Engineer Profession
    • Doctor of Environmental Science
    • Master of Environmental Science
    • Master of Occupational Physiology Ergonomics
    • Master of Health Law
    • Master Degree Program in Sustainable Finance and Development
  • Academic
    • New Student Registration Procedure
    • New Student Admission
    • Performance Report
    • Diploma and Transcript Legalization Fees
  • Newsletter
  • Scholarship & Program
    • Double Degree
    • PMDSU Scholarship
    • The Future Global Leaders Program (FGLP)
  • Download
    • SOP Pascasarjana
    • Useful Link
    • Customer Satisfaction Survey Results - Graduates
    • Customer Satisfaction Survey Results - Graduate Users
    • Study Program Brochure
  • PPID
    • PPID Profile
    • Organization Structure PPID
    • Mandatory periodic information
    • Avalibale Information at Any Time
    • Immediate Information
    • List of Public Information
    • Information Request Form
  • Contact
  • ZI-WBK
  • Home
  • Information and Documentation Management Officer (PPID)

Information and Documentation Management Officer (PPID)

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

Pelayanan Informasi Publik seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), Universitas Udayana menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Rektor Universitas Udayana Nomor 330/UN14/HK/2023.


Universitas Udayana sebagai Badan Publik harus memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang selanjutnya disebut PPID, yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik untuk mewujudkan sistem dokumentasi dan pelayanan informasi yang baik. PPID Unud secara rutin akan mempublikasikan segala informasi melalui website Unud maupun Fakultas/Pascasarjana. 

SEJARAH PPID UNIVERSITAS UDAYANA

Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada tanggal 30 April 2010, hal ini menjadi momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi publik pada badan publik di Indonesia, salah satunya di Universitas Udayana.


Undang-Undang ini memberikan landasan hukum bagi setiap individu untuk memperoleh informasi publik. Keberadaan Undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik ini juga menjadi landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi. 


Hak untuk memperoleh Informasi ini menjadi sangat penting, karena publik dapat turut berpartisipasi mengawasi penyelenggaraan negara sehingga semakin dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana. 


Universitas Udayana sebagai salah satu badan publik yang kini bernaung di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah membentuk PPID ( Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ) di lingkungan Universitas Udayana di mana tugas dan kewenangannya telah diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Udayana 330/UN14/HK/2023 tentang Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Udayana bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi, pengelolaan informasi dan dokumentasi, penyelesaian sengketa informasi dan teknologi informasi dan komunikasi. 


Dalam pelaksanaan tugasnya Tim PPID Unud telah menyiapkan meja layanan informasi yang berlokasi di lobi Gedung Rektorat Universitas Udayana Kampus Jimbaran yang memberikan layanan kepada individu yang membutuhkan informasi terkait Universitas Udayana. Di samping itu juga telah disiapkan informasi yang dapat diakses secara online melalui laman ppid.unud.ac.id. Untuk menjamin ketersediaan dan keakuratan informasi yang disediakan, PPID senantiasa melakukan koordinasi dengan unit penyedia informasi. Dengan hal ini diharapkan publik dapat mengakses seluas-luasnya informasi publik yang dikelola oleh PPID Universitas Udayana.


TUGAS DAN FUNGSI PPID
PPID mempunyai tugas merencanakan dan mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan pelayanan informasi di badan publik.   


PPID mempunyai fungsi antara lain :

  1. Penghimpunan informasi publik dari seluruh unit kerja di badan publik;
  2. Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di lingkungan badan publik;
  3. Penyeleksian dan pengujian informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualian dari informasi yang terbuka untuk publik;
  4. Pelayanan informasi publik;
  5. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi

    VISI DAN MISI PPID

    Visi

    Terwujudnya layanan informasi publik yang profesional, transparan dan akuntabel untuk meningkatkan peran serta aktif masyarakat dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi.

    1. Layanan Informasi Publik
      Suatu usaha untuk memberikan informasi publik sesuai Undang- Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Kementerian Perhubungan;
    2. Profesional
      Memiliki komitmen untuk senantiasa meningkatkan layanan informasi publik;
    3. Transparan
      Memberikan akses seluar-luasnya kepada masyarakat dalam memperoleh informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara yang sederhana;
    4. Akuntabel
      Pengelolaan informasi dan dokumentasi dilakukan dengan prinsip good governance (tata kelola pemerintahan yang baik);
    5. Peran Aktif Masyarakat
      Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan sektor transportasi, baik pada tingkat pengawasan pelaksanaan penyelenggaraan maupun pada tingkat pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan sektor transportasi;

    Misi

    1. Menjamin akses informasi publik sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
    2. Meningkatkan kualitas layanan informasi publik;
    3. Meningkatkan profesionalisme SDM layanan informasi publik;
    4. Meningkatkan sarana-prasarana dalam rangka efisiensi dan efektivitas layanan informasi publik;
    5. Meningkatkan pengelolaan informasi dan dokumentasi secara baik, efisien, mudah diakses dan bersifat desentralisasi;


    News

    • Udayana University Postgraduate Program Signs Inte...
      Selasa, 25 Februari 2025
    • Udayana University Graduate School Holds Engineer ...
      Rabu, 19 Februari 2025
    • Udayana University Graduate School Signs Collabora...
      Selasa, 11 Februari 2025
    See More >>

    Announcement

    • Announcement of Extension of Payment of Even Semester Education Fees for FY 2024/2025
      Selasa, 25 Februari 2025
    • Results of Graduation and New Student Registration for Professional Programs, PPDS Sp-1, Sp-2, Masters and Doctoral Programs at Udayana University Even Semester FY 2024/2025
      Senin, 10 Februari 2025
    • Admission of New Students for Professional, Masters and Doctoral Programs at Udayana University Even Semester Batch II FY 2024/2025
      Jumat, 7 Februari 2025
    See More >>

    Agendas

    • 4th International Conference : Natural Resource Management and Sustainability
      Minggu, 26 November 2023
    • ICESH Ergocamp Bali 2023
      Kamis, 12 Oktober 2023
    • [SDG Talks #3] Menuju 2030: Inovasi, Kolaborasi, dan Aksi untuk SDGs
      Jumat, 22 September 2023
    See More >>

    Contact Us

    Postgraduate, Udayana University


    Postgraduate Building, P.B. Sudirman St., Denpasar, Bali 80232

    Tel. : (0361) 223797

    Email : postgraduate@unud.ac.id

    Information

    • Universitas Udayana
    • LPDP
    • LPPM Udayana
    • Career Development Center
    • Alumni
    • Science Direct
    • Proquest
    • Elsevier
    • IEEEXplore
    • IEEE Comp Society

    Follow Us

    © 2022 USDI - Universitas Udayana

    • Campus Map
    • Web Email