Mahasiswa Program Studi Magister Hukum Kesehatan, Magister Ilmu Lingkungan dan Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Unud Ikuti Kuliah Umum Analisis Berkelanjutan

Denpasar – Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) melaksanakan Kuliah Umum bagi mahasiswa Program Studi Magister Hukum Kesehatan, Magister Ilmu Lingkungan dan Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Unud dengan topik Analisis Keberlanjutan (Multiaspect Sustainability Analysis (MSA) dan desti.id), Senin (13 Maret 2023).

 

Kuliah Umum Analisis Keberlanjutan ini menghadirkan Dr. Irman Firmansyah, S.Hut., M.Si. sebagai narasumber dan Prof. Ir. I Wayan Budiasa, S.P., M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Unud sebagai moderator. Narasumber adalah Dosen Pascasarjana PSL-IPB Bogor, Direktur Eksekutif System Dynamics Center (SDC) Indonesia, Direktur Powersim Software Indonesia, CEO Exsimpro Software, dan Ketua Umum Asosiasi Ahli Sistem Dinamik Indonesia (ASDI). Lebih dari 30 Jurnal Ilmiah (Nasional dan Internasional) dan lebih dari 50 Kajian Lingkungan dan Sistem Dinamik, serta lebih dari 25 Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KLHS RDTR RTRW, RPJMN, Zonasi/Kawasan Khusus, Pulau, Perbatasan Negara & LP2B) telah dilaksanakannya. Kepakarannya dalam menggunakan, membedah, dan merancang berbagai software terkait analisis system dynamics (www.powersim.co.id), multiaspect sustainability analysis (www.msa.exsimpro.com), dan yang terbaru adalah MSA dalam pariwisata (www.desti.id).

 

Kegiatan kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan literasi kepada mahasiswa dan dosen Pascasarjana Unud tentang keberadaan dan penggunaan berbagai alat analisis yang sangat praktis, sangat membantu (helpful), dan sangat bermanfaat (useful) terkait analisis keberlanjutan. Terlebih-lebih bagi Program Magister Universitas Udayana yang diwajibkan menyelenggarakan Mata Kuliah Ilmu Keberlanjutan (The Sustainability Science), maka literasi Multiaspect Sustainability Analysis dipandang sangat penting. UNESCO juga memandatkan bahwa pendidikan di perguruan tinggi wajib mengacu kepada Education for Sustainable Development (EfSD). Output yang diharapkan dari kegiatan kuliah umum ini antara lain terselenggaranya kuliah umum oleh pakar diluar Unud, meningkatkan literasi mahasiswa dan dosen Pascasarjana Unud terkait berbagai alat analisis yang sangat praktis, sangat bermanfaat, dan sangat membantu dalam analisis keberlanjutan.

 

“Peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum ini, karena narasumber sangat lihai dalam memperkenalkan berbagai software dilengkapi dengan berbagai kasus dan best practice penggunaan software tersebut. Narasumber juga lihai menjawab berbagai pertanyaan dari audien terkait kelemahan dan kelebihan alat analisis yang ada, sehingga audien nantinya terarah untuk memilih alat analisis mana yang paling cocok digunakan dalam pemecahan permasalahan yang dihadapinya”, ujar Prof. Dr. Ir. I Wayan Budiasa, S.P., M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Unud.

Bagi Dosen dan Mahasiswa yang tertarik mendalami software, mengikuti berbagai training terkait analisis system dynamics dan multiaspect sustainability analysis dapat menghubungi Dr. Widhianthini, S.P., M.Si. (Ketua DPW ASDI Wilayah Provinsi Bali, WA: +62 821-1169-1261) atau Prof. Dr. Ir. I Wayan Budiasa, S.P., M.P. (Dewan Pembina DPW ASDI Wilayah Provinsi Bali, WA +62 822-3652-9000). (bmp)