Implementasi Kerja Sama, Pascasarjana Unud Gelar Pelatihan Sistem Dinamik

Sebagai implementasi Memorandum of Agreement antara Pascasarjana Universitas Udayana dan System Dynamics Center (Nomor: B/18/UN14.3/HK.07.00/2023; Nomor: 020/KJS.SDC/X/2023 tertanggal 27 Oktober 2023), Pascasarjana Universitas Udayana telah berhasil menggelar Pelatihan System Dynamics dari Tanggal 25 – 28 April 2024, bertempat di Laboratorium Data Science, Data Intelligence, and Sustainability Lantai II Gedung Pascasarjana Universitas Udayana. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Ahli System Dynamics Indonesia (DPW-ASDI) Provinsi Bali yang telah dibentuk dan dilantik setahun yang lalu, yaitu Tanggal 13 Maret 2023.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 13 orang peserta dari lima provinsi, yaitu Provinsi Bali (5 orang, terdiri atas 2 orang dosen FEB Unud, 2 orang dosen dan seorang mahasiswa Magister Pembangunan dan Keuangan Berkelanjutan Unud), Provinsi NTB (1 orang dosen Unram), Provinsi DIY (1 orang mahasiswa S3 UGM), Provinsi Kalsel (5 orang ASN Pemda), dan Provinsi Kaltim (1 orang ASN Pemda). Dua orang narasumber yang sangat kompeten telah berkontribusi pada pelatihan System Dynamics kali ini, yaitu Dr. Ir. Irman Firmansyah, S.Hut., M.Si. (Kepala System Dynamics Center; sekaligus Ketua Umum Asosiasi Ahli System Dynamics Indonesia/ASDI) dan Dr. Casnan, S.Si., M.Si. (Ahli System Dynamics/SDC; yang juga sebagai Wakil Ketua I STKIPM Kuningan).


Selama pelatihan yang berdurasi 42 jam, para pseserta dibekali filosofi, teori, dan aplikasi System Dynamics, system thinking, pengenalan software Powersim Studio, keterampilan mendesain Causal Loop Diagram (CLD) dan Stock Flow Diagram (SFD) model penduduk, model sampah, dan model transportasi dengan aplikasi, verifikasi data dan simulasi model, validasi model, penerapan fungsi-fungsi dalam model, membuat skenario model, konsep daya dukung daya tampung lingkungan hidup (DDDTLH) dan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), pengembangan model daya dukung pangan dan model daya dukung air sebagai contoh implementasi system dynamics dalam DDDTLH, skenario model dalam DDDTLH, dan arah kebijakan DDDTLH & KLHS.