Lepas 125 Calon Wisudawan, Direktur Pasca Unud: Perjalanan Masih Panjang

Denpasar, Selasa (13/02), Pascasarjana Universitas Udayana (Unud) menggelar pelantikan insinyur dan pelepasan calon wisudawan dalam rangka Wisuda periode ke-158 Universitas Udayana yang akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024, esok. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Gedung Pascasarjana Unud ini diikuti oleh 125 orang calon wisudawan, diantaranya 1 orang calon wisudawan yang berasal dari Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL), 2 orang dari Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) dan 122 orang dari Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI).



Hingga kegiatan pada pagi hari ini, Pascasarjana Unud telah berhasil menamatkan 8 orang mahasiswa dari Program Doktor, 563 orang dari Program Magister serta 697 orang dari Program Profesi Insinyur. Sebaran rata-rata lama studi pada pelepasan periode I tahun 2024 ini adalah 10 semester untuk Program Doktor, 5 semester untuk Program Magister dan 1 semester untuk Program Profesi Insinyur. Rata-rata lama studi ini telah memenuhi target capaian lulus tepat waktu Pascasarjana Unud.



Tak hanya dilepas, pada kegiatan kali ini juga dilakukan pelantikan insinyur baru sebanyak 122 orang oleh Direktur Pascasarjana Unud. Serangkaian dengan kegiatan pelantikan, dilakukan pula pengucapan Sumpah Insinyur oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat yang diwakili oleh Ir. Dandung Sri Harninto, MT., IPU, Wakil Sekretaris Jenderal PII Pusat dan diikuti oleh seluruh calon insinyur baru. Ketua Umum PII Wilayah Bali, Dr. Ir. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST.,MA.,IPU.,ASEAN Eng. yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan selamat kepada seluruh insinyur baru dari PSPPI Pascasarjana Unud. “Selamat berbahagia kepada seluruh insinyur baru yang telah dilantik hari ini, namun jangan lama-lama istirahatnya, segera lanjutkan perjuangan untuk menjadi insinyur profesional hingga mendapatkan gelar ASEAN Eng,” ujar Ketum PII Wilayah Bali.




“Selamat kepada seluruh calon wisudawan dan insinyur baru yang telah dilantik. Lanjutkan perjuangan, perjalanan masih panjang. Wisuda bukan merupakan akhir, melainkan lembaran baru untuk kehidupan yang lebih baik,” ucap Prof. Wayan Budiasa, Direktur Pascasarjana Unud. Tak lupa pada kesempatan ini, Prof. Budiasa juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya memilih Pascasarjana Unud sebagai lembaga dalam menempuh pendidikan, serta diharapkan untuk tidak melupakan almamater dan senantiasa memberikan kontribusi maupun masukan-masukan yang membangun untuk perbaikan layanan pendidikan yang ada di Pascasarjana Unud pada khususnya dan di Universitas Udayana pada umumnya. (bmp)