Kolaborasi Seminar antara Ibaraki University dengan Universitas di Indonesia

Kolaborasi antara Ibaraki University, Jepang, dan Universitas Indonesia (IPB, UGM dan Unud) telah berdiri sejak tahun 2004. Beberapa kegiatan akademik bersama seperti kuliah gabungan (musim panas dan musim dingin kursus), seminar bersama dan lokakarya, mahasiswa dan pertukaran staf, penelitian kolaboratif dan program gelar ganda di jalur utama telah dan sedang dilakukan. Namun, kerjasama ini masih terfokus dan terbatas dalam bidang pertanian. Sebagai MoU antara IPB, UGM, dan Unud dan Ibaraki University telah ditandatangani, itu adalah kebutuhan untuk memperkuat dan memperluas ruang lingkup kerjasama di bidang teknik, humaniora dan ilmu-ilmu dasar. Untuk tujuan ini, Workshop Kolaborasi Pendidikan Internasional dilaksanakan di Ibaraki University, Mito Kampus pada 22 November 2012 yang dihadiri oleh delegasi dari Ibaraki, Utsunomiya University, Tokyo University of Agriculture and Technology, Chiba University (Jepang), Institut Pertanian Bogor, Universitas Udayana , Universitas Gajahmada (Indonesia) dan beberapa perguruan tinggi dari Thailand dan Vietnam.

Untuk memperkuat ikatan akademik tersebut, para delegasi dari Universitas Ibaraki akan mengunjungi Universitas Udayana Bali, Indonesia, untuk menghadiri seminar bidang akademik tersebut. Seminar ini bertujuan sebagai bursa kegiatan penelitian antara Universitas Ibaraki dan universitas di Indonesia, menawarkan peluang untuk bertatap muka secara langsung antara dosen, peneliti, dan mahasiswa, membangun jaringan antar peserta dalam hal mempromosikan kolaborasi dalam penelitian dan pendidikan, dan mendiskusikan pengembangan program untuk kerjasama masa depan. Seminar ini akan diadakan di Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Jl. PB. Sudirman Denpasar Bali, Indonesia pada tanggal 15 s.d 16 Maret 2013.

Ibaraki University  mengirimkan 10 anggota termasuk Prof. Mimura sebagai pemimpin delegasi. Anggota berasal dari Sekolah Tinggi Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu, Teknik, Pertanian, Institute for Global Change Adaptation Science (ICAS), International Student Center, dan dua petugas dari Administrasi Bureu. IPB dan UGM mengirimkan  2-4 peserta dan peserta dari Unud sekitar 20-25 orang dari Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.