Kuliah Perdana Pascasarjana

Program Pascasarjana, Program Dokter Spesialis Combined Degree, dan Profesi hari ini Senin, 18 Pebruari 2013 menyelenggarakan kegiatan ” Kuliah Perdana ” yang dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Pasca – Kampus Sudirman yang terdiri dari 4 Program Magister, 13 Program Dokter Spesialis dan 2 Program Profesi dengan total peserta 223 orang . Acara ini di buka oleh Rektor Unud yang di wakili oleh Pembantu Rektor I Prof. Dr. I Komang Gede Bendesa, MADE., dan dihadiri oleh pimpinan Program Pascasarjana dan para KPS. Pada kesempatan ini di hadirkan beberapa pembicara yaitu :

  1. Prof. Dr. I Komang Gede Bendesa, MADE., selaku Pembatu Rektor I dengan materi Pendidikan Karakter dan Plagiarisme.
  2. Prof. Dr. dr. A. A. Raka Sudewi, Sp.S (K)., selaku Direktur Pascasarjana dengan materi Kebijakan dan Struktur Organisasi Pascasarjana.
  3. Prof. Dr. Made Budiarsa, MA., selaku Asisten Direktur I sekaligus sebagai Ketua Panitia dengan materi Pedoman Pendidikan di Pascasarjana.
  4. Drs. I Putu Suhartika, M.Si., selaku Ka. UPT Perpustakaan Unud dengan materi Pelayanan Fasilitas Perpustakaan di Unud.
  5. Ir. Linawati, M.SC, Ph.D., selaku Kepala DIVINKOM Unud dengan materi Akses Internet dan Pemanfaatan Fasislitas Hotspot Instutusi.
Dalam laporannya, ketua panitia menyampaikan bahwa saat ini Program Pascasarjana telah memiliki 25 Program Magister dan 9 Program Doktor. Dijelaskan pula bahwa proses pembelajaran baik Program Studi Magister maupun Doktor telah menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis kompetensi (KBK), sehingga diharapkan semua mahasiswa dapat meyelesaikan tugas atau studinya tepat waktu. Sebelum mengakhiri laporannya ketua panitia juga menjelaskan tentang fasilitas – fasilitas yang dapat menunjang dan memperlancar mahasiswa dalam proses pembelajaran diantaranya fasilitas perpustakaan, hot spot/akses intranet dan internet, elektronik journal, dan fasilitas di ruang kuliah. Disampaikan juga tentang materi pada kuliah perdana ini lebih banyak berkaitan dengan penjelasan mengenai kebijakan akademik, administrasi umum dan pelayanan serta yang paling penting adalah masalah plagiarisme.