Kuliah Perdana Program Magister, Doktor, Profesi dan PPDS Pebruari 2021

Senin, 1 Pebruari 2021. Rektor Universitas Udayana membuka secara resmi kuliah perdana Program Pascasarjana Universitas Udayana bagi mahasiswa baru Program Profesi Insinyur, Magister, Doktor dan PPDS yang diadakan secara daring. Kuliah Perdana ini diikuti oleh 263 orang mahasiswa baru. Kuliah perdana ini dihadiri oleh para Dekan dan para Koordinator Program Studi di lingkungan Universitas Udayana. 
Direktur Pascasarjana Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes melaporkan bahwa kegiatan kuliah perdana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pascasarjana. Dilaporkan bahwa materi yang diberikan dalam kuliah perdana ini adalah materi umum yang berkaitan dengan kebijakan, sistem, dan proses pembelajaran yang diterapkan di Pascasarjana dan Universitas Udayana pada umumnya. Sebagai mahasiswa baru di Pascasarjana perlu diberikan informasi awal berkaitan dengan peraturan dan kebijakan yang harus diketahui sebelum para mahasiswa mengikuti kuliah di program studinya masing- masing, sehingga nantinya diharapkan proses pembelajaran diharapkan berjalan dengan baik dan lancar sehingga nantinya diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran serta dengan mudah dapat memahami apa yang harus mereka lakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dapat menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Untuk memberikan materi telah diundang beberapa pembicara antara lain Ketua Senat, Wakil Rektor I Universitas Udayana, Kepala USDI dan Ketua JUPI.
Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. selaku Wakil Rektor I Universitas Udayana dalam materinya mahasiswa diharapkan pula memiliki cara berpikir holistik serta memiliki komitmen pada nilai budaya, peka terhadap perkembangan masyarakat dan menjunjung tinggi etika ilmiah dengan jalan menghindari plagiarisme. Wakil Rektor I Universitas Udayana menekankan kembali bahayanya jika mahasiswa melakukan pencurian ide orang lain atau plagiarisme tanpa memberikan keterangan yang jelas darimana sumbernya. Selain itu Wakil Rektor I memperingatkan mahasiswa untuk lulus tepat waktu dan memberikan informasi sanksi bagi mahasiswa yang tidak aktif pada proses akademik.
Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc selaku Ketua Senat Universitas Udayana dalam materinya menjelaskan mengenai Implementasi Visi Unud dalam Pendidikan Pascasarjana.
Pembicara lainnya adalah Ketua USDI Universitas Udayana Dr. Nyoman Putra Sastra, ST.,MT beserta Ketua JUPI Unud Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST.,M.Sc.,Ph.D menjelaskan berbagai fasilitas yang berkaitan dengan internet, hot-spot, e-journal yang dapat membantu mahasiswa untuk mengakses berbagai karya ilmiah melalui fasilitas elektronik yang telah dimiliki oleh Universitas Udayana.