Ni Ketut Dewi Irwanti : " PELAYANAN INTERNAL BERORIENTASI ERGONOMI MENINGKATKAN KINERJA PRAMUGRAHA HOTEL "
Senin, 15 Februari 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Ni Ketut Dewi Irwanti, S.Psi.,M.Erg dari Program Doktor Ilmu Kedokteran dengan disertasinya yang berjudul " PELAYANAN INTERNAL BERORIENTASI ERGONOMI MENINGKATKAN KINERJA PRAMUGRAHA HOTEL ". Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K)
Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Dalam industri perhotelan, kepuasan pelanggan salah satunya dipengaruhi oleh kinerja yang ditunjukkan pramugraha karena kinerja yang dihasilkan berdampak langsung terhadap kenyamanan tamu selama menginap di hotel.Upaya dalam memenuhi pelayanan yang optimal dapat menjadi sumber kelelahan fisik dan psikis yang dapat menurunkan kinerja pramugraha.Untuk meningkatkan kinerja pramugraha, perusahaan harus mampu memotivasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan pelayanan internal berorientasi ergonomi kepada karyawan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan sama subjek atau treatment by subjek design dengan pola pre and post test group design. Jumlah sampel sebanyak 12 orang yang dipilih 'secara acak sederhana. Pada Periode I pramugraha bekerja dengan kondisi kerja lama dan pada Periode II bekerja dengan intervensi pelayanan internal berorientasi ergonomic. Washing out, sosialisasi, dan adaptasi, masing-masing dilakukan selama 1 hari.Data yang diperoleh dianalisis dengan taraf signifikansi 5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan skor beban kerja sebesar 13 dari nilai rerata 127,97± 6,40 menjadi 119,89 (p<0,05), kelelahan 33,5 dari nilai rerata 82,29 ± 6,54 menjadi 54,71 ± 2,20 (p<0,05), keluhan muskuloskeletal sebesar 28,89 dari 66,64 ± 5,48 menjadi 47,39 ± 4,74 (p<0,05), dan stres kerja 22 dari rerata 74,40 ± 3,97 menjadi 58,04 ± 2,58 (p<0,05), serta peningkatan kepuasan kerja sebesar 15,7 dari rerata 64,00 ± 3,12 menjadi 75,93 ± 4,92 (p<0,05), motivasi kerja 23,55 dari rerata 102,39 ± 3,54 menjadi 133,93 ± 4,56 (p<0,05), dan produktivitas kerja 11,2 dari rerata 139,43 ± 12,80 menjadi 156,95 ± 9,84 (p<0,05).Hal ini berarti bahwa rerata pada kedua periode setelah bekerja adalah berbeda secara bermakna.
Disimpulkan bahwa pelayanan internal berorientasi ergonomi meningkatkan kinerja pramugraha hotel berdasarkan atas penurunan beban kerja, keluhan muskuloskeletal, kelelahan, dan stres kerja, serta peningkatan kepuasan, motivasi, dan produktivitas kerja pramugraha hotel. (pps.unud/IT)
UDAYANA UNIVERSITY