Ni Putu Sriwidyani : " TUMOR BUDDING PADA KARSINOMA PAYUDARA: HUBUNGANNYA DENGAN EKSPRESI E-CADHERIN DAN MMP-9 SERTA RISIKO METASTASIS "

Jumat, 13 April 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda dr. Ni Putu Sriwidyani, Sp.PA dari Program Doktor Ilmu Kedokteran dengan disertasinya yang berjudul " TUMOR BUDDING PADA KARSINOMA PAYUDARA: HUBUNGANNYA DENGAN EKSPRESI E-CADHERIN DAN MMP-9 SERTA RISIKO METASTASIS ". Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K).

Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Metastasis merupakan penyebab mortalitas utama karsinoma payudara. Salah satu marka prognosis baru diantaranya "tumor budding", Tumor budding adalah sel kanker tunggal atau dalam kelompok kecil (1-5 sel) pada tepi invasi tumor. Tumor budding ini dianggap sebagai manifestasi dari perubahan epitheltal-mesenchymal transition (EMT) yang merupakan perubahan awal dari kaskade metastasis. Sel yang mengalami peristiwa EMI, pada penelitian in vitro menunjukkan penurunan ekspresi E-cadherin dan peningkatan ekspresi MMP-9.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa ekspresi E-cadherin yang rendah dan MMP-9 yang tinggi berhubungan dengan high grade tumor budding, serta high grade tumor budding sebagai faktor risiko metastasis pada karsinoma payudara. Penelitian ini menggunakan rancangan potong lintang dan kasus-kontrol pada kasus karsinoma payudara dengan metastasis dan . Penelitian dilakukan dengan subyek penelitian 35 pasien karsinoma payudara dan 35 kasus tanpa metastasis. Evaluasi tumor budding dilakukan pada sediaan imunohistokimia sitokeratin dengan pembesaran 400x (0,57mm2) oleh dua observer, Reabilitas interobserver dinilai dengan uji Kappa. Hubungan antara ekspresi E-cadherin dan MMP-9 dengan grade tumor budding dinilai dengan uji chi square. High grade tumor budding sebagai faktor risiko metastasis diuji dengan uji chi square, odd ratio, dan analisis regresi logistik, dengan tingkat kemaknaan p<0,05.

Berdasarkan nilai titik potong pada analisis ROC, subyek penelitian dikelompokkan menjadi kasus dengan high grade tumor budding (?11 bud) dan low grade tumor buding < 11 bud). Uji reliabilitas interobserver menunjukkan reprodusibilitas yang baik dengan nilai Kappa 0,914. E-cadherin yang rendah tidak terbukti berhubungan dengan high grade tumor budding (p=0,660), sementara MMP-9 yang tinggi terbukti secara signifikan berhubungan dengan high grade tumor budding (p=0,001). High grade tumor budding terbukti secara signifikan sebagai faktor risiko independen metastasis (OR=38,2, 95CI 7,5-193,7, p<0,001). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada karsinoma payudara dengan high grade tumor budding berhubungan dengan ekspresi MMP-9 yang tinggi tetapi tidak dengan ekspresi E-cadherin yang rendah, dan high grade tumor budding merupakan faktor risiko independen metastasis pada karsinoma payudara. (pps.unud/IT)