Ni Wayan Ekawati : " ECOPRENEURSHIP DAN INOVASI HIJAU UNTUK MENGUATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN SUKSES PRODUK BARU SPA DI BALI "

Rabu, 10 Agustus 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Ni Wayan Ekawati.,SE.,MM dari Program Doktor Ilmu Manajemen dengan disertasinya yang berjudul " ECOPRENEURSHIP DAN INOVASI HIJAU UNTUK MENGUATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN SUKSES PRODUK BARU SPA DI BALI ". Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K)

IMG_1386Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh antara ecopreneurship dan inovasi hijau terhadap keunggulan bersaing untuk mencapai sukses produk baru pada produsen produk Spa di Bali. Selain itu juga memprediksi peran keunggulan bersaing sebagai mediasi hubungan antara ecopreneurship terhadap sukses produk baru dan peran keunggulan bersaing memediasi hubungan antara inovasi hijau terhadap sukses produk baru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hubungan-hubungan tersebut serta peran mediasinya. Populasinya adalah seluruh produsen produk Spa di Bali, dengan individu sebagai unit analisis yang terdiri atas pemilik dan para manajer berjumlah 44 sebagai sampel. Analisis data menggunakan analisis

Parsial Least Square (PLS versi 3). Hasil studi menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara ecopreneurshtp terhadap keunggulan bersaing dan sukses produk baru, inovasi hijau tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, namun inovasi hijau berpengaruh signifikan terhadap sukses produk baru. Keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap sukses produk baru. Keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi berperan ganda yaitu berperan sebagai mediasi sebagian hubungan antara ecopreneurship terhadap sukses produk baru, juga keunggulan bersaing berperan tidak memediasi hubungan antara inovasi hijau terhadap sukses produk baru. Terdapat novelty pada penelitian ini yaitu melakukan pengembangan model sebelumnya dengan menambah variabel baru yaitu variabel ecopreneurship. (pps.unud/IT)