Ni Wayan Sitiari : " Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Nilai-nilai Budaya Lokal Bali terhadap Kinerja Organisasi. Studi pada Koperasi non KUD di Bali "

Jumat, 5 Agustus 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovenda Ni Wayan Sitiari, SE.,MM dari Program Doktor Manajemen dengan disertasinya yang berjudul " Peran Orientasi Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Nilai-nilai Budaya Lokal Bali terhadap Kinerja Organisasi. Studi pada Koperasi non KUD di Bali ". Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A.

IMG_1213Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Studi ini memiliki tiga tujuan utama yaitu (1) mengeksplorasi nilai-nilai budaya lokal Bali yang terdiri atas jengah, taksu, dan menyama braya; (2) menguji ketiga dimensi jengah, taksu, dan menyania braya menjadi sebagai sebuah konstruk nilai-nilai budaya lokal yang valid dan reliabel; dan (3) menjelaskan hubungan konstruk nilai-nilai budaya lokal itu dengan orientasi kewirausahaan dan kinerja organisasi kemudian menjelaskan peran orientasi kewirausahaan dalam memcdiasi pengaruh nilai-nilai budaya terhadap kinerja koperasi di bali.

Tujuan pertarna dicapai dengan melakukan pendekatan kualitatif, sedangkan tujuan kedua dan ketiga dicapai dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kualitatif mengacu pada penelitian Templeton (2002) dan Dewi (2013), (Rahyuda, 2015). Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis SEM alternatif PLS 3. Pendekatan kualitatif mengglmakan informan ahli yang memahami tentang budaya Bali, sedangkan pendekatan kuantitatif mengunakan 95 responden manajer koperasi di Bali. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan budaya jengah, taksu, clan menyania braya valid dan reliabel mengandung nilai-nilai yang mencerminkan budaya lokal Bali. Hasil pendekatan kuantitatif menunjukkan sebagai berikut: (I) Pengaruh nilai-nilai budaya lokal positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan. (2) Pengaruh nilai-nilai budaya lokal terhadap kinerja organisasi positif dan signifikan . (3) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja organisasi positif dan signi Iikan. (4) Orienrasi kewirausahaan memediasi pengaruh nilai-ni lui budaya terhadap kinerja organisasi. (pps.unud/IT)