Program Pascasarjana Universitas Udayana Selenggarakan Kuliah Perdana Semester Ganjil TA 2021/2022

Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M. Eng.,IPU secara resmi membuka kuliah perdana Program Pascasarjana Universitas Udayana bagi mahasiswa baru Program Profesi, Magister, Doktor dan PPDS yang berlangsung secara daring, Kamis (2/09/2021). 
Kuliah Perdana ini dihadiri Rektor, Ketua Senat, Direktur Program Pascasarjana, Para Dekan, Para Ketua Lembaga, Para Kepala Biro, Wakil Direktur II, Ketua SPI, Para Kepala UPT, dan Para Koordinator Program Studi Profesi S2, S3, dan PPDS Universitas Udayana. 


Wakil Direktur I Pascasarjana Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc.,Ph.D dalam laporannya menyampaikan kuliah perdana ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang visi, misi serta tujuan Universitas Udayana, memahami proses pembelajaran pada tingkat profesi, magister maupun doktor, memahami sarana pendukung utama penunjang pembelajaran seperti Unit Sumber Daya Informasi, serta jurnal dan publikasi ilmiah yang disediakan perpustakaan Universitas Udayana. Kuliah Perdana ini diikuti sebanyak 1.196 orang mahasiswa baru diantaranya 173 mahasiswa Program profesi, 144 mahasiswa Program Profesi Dokter Spesialis, 666 mahasiswa Program Studi Magister dan 213 mahasiswa Program Studi Doktor.

Rektor Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru di kampus Universitas Udayana. Di era revolusi industri 4.0 kita diminta untuk memahami literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Maka, di era pandemi ini, hendaknya kemampuan tersebut dipahami dengan baik, sehingga mampu memanfaatkan teknologi yang ada, memahami data yang ada serta tetap mengedepankan sisi manusianya sebagai pengguna, pelaksana dan penerima kemajuan teknologi dalam melaksanakan proses perkuliahan. Rektor juga mengajak seluruh mahasiswa, mau tidak mau harus siap dan mampu memanfaatkan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam mengikuti pendidikan di Universitas Udayana. 

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki visi menjadi lembaga yang menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan berbudaya, Universitas Udayana senantiasa menerapkan standar pendidikan tinggi yang bermutu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, walaupun proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Standar mutu yang diterapkan merupakan panduan bersama untuk dapat melaksanakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat secara bermutu.

Rektor berpesan semua mahasiswa agar mengenal dan memahami Universitas Udayana pada umumnya dan Program Studi yang di ikuti pada khususnya. Pemahaman yang diharapkan adalah memahami profil prodi, visi dan misi prodi, proses pendidikan, sistem evaluasi, dosen dan tenaga kependidikannya, sarana dan prasarana serta pembiayaan yang diperlukan. Hal ini penting, karena menyangkut kesiapan mahasiswa dan strategi yang harus dilakukan untuk dapat menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu. Beberapa hal penting yang ditekankan sebagai acuan dalam standar Universitas Udayana adalah Lulus Tepat Waktu, Indeks Prestasi Kumulatif dan menghasilkan Publikasi. Hal ini penting karena pendidikan Magister, Doktor, Profesi dan Spesialis telah ditetapkan waktu studi standar yang harus dijadikan landasan dalam proses pendidikan, evaluasi dan penetapan kelulusan mahasiswa. Oleh karena itu mahasiswa baru diminta memahami hal ini, sehingga dapat mengikuti proses pendidikan dengan baik dan dapat menyelesaikan studi sesuai standar mutu yang telah ditetapkan.

Ada empat penyampaian materi yang di berikan dalam Kuliah Perdana ini yaitu 1). Kebijakan Pendidikan di Universitas Udayana oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP), 2). Filosofi Pendidikan Pascasarjana oleh Ketua Senat Unud (Prof. Dr. Ir. Dewa Ngurah Suprapta, M.Sc), 3). Sistem Informasi di Universitas Udayana oleh Sekretaris Unit Sumber Daya Manusia (Dr. Dewa Made Wiharta, ST.,MT.) 4). Informasi Jurnal dan Publikasi (JUPI) dari Ketua Unit Jurnal Publikasi Ilmiah (Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti , ST, M.Si., Ph.D).