Promosi Doktor Program Doktor Ilmu Pertanian: Ida Ayu Putu Hemy Ekayani

Senin, 26 Agustus 2019, bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Pertanian mengadakan Sidang Promosi Doktor atas nama Ida Ayu Putu Hemy Ekayani dengan judul Disertasi " PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK PERTANIAN LOKAL DI KABUPATEN BULELENG ".    

Pada penelitiannya Mengembangkan sebuah model program pemberdayaan masyarakat dengan memberdayakan sumber daya manusia melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam potensial perlu dilakukan sebagai upaya peningkatan nilai tambah hasil pertanian lokal. Tujuan penelitian ini menghasilkan model program pemberdayaan masyarakat serta produk/komponen program yang merupakan kesatuan unit, yaitu: menganalisis dan menghasilkan komponen materi program pemberdayaan masyarakat, mengorganisasi komponen materi program pemberdayaan masyarakat, menetapkan metode pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, dan menganalisis tingkat pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan nilai tambah produk pertanian lokal di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengembangkan sebuah program pemberdayaan masyarakat yaitu menggali, memperluas, dan meningkatkan kualitas program yang sudah ada. Prosedur pengembangan program dalam penelitian ini mengikuti pola yang dikembangkan oleh Borg & Gali (1989), dimana langkah-langkah penelitian dan pengembangan dalam penelitian disederhanakan dan dibatasi hingga uji utama produk (uji terbatas). Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah melalui serangkaian kegiatan dan uji coba terbatas sebagai proses pengembangan, menghasilkan sebuah model program pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari kegiatan pelatihan dan kegiatan pendampingan yang telah melalui proses validasi ahli.
Implementasi program pada uji terbatas memperoleh hasil baik dan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah ditetapkan. Penerapan metode pelatihan partisipatif dalam implementasi program sangat efektif digunakan, ditunjukkan dari capaian kinerja peserta pelatihan selama proses pelatihan dengan kategori sedang (baik) hingga sangat tinggi (sangat
baik). Keberhasilan program pendampingan ditunjukkan dari peserta pendampingan yang telah menghasilkan dan mampu menjual produk inovatif berbahan ubi kayu dan ubi jalar melalui sistem pemesanan online. Melalui perhitungan dengan metode Hayami diperoleh bahwa pengolahan ubi kayu dan ui jalar rnenjadi produk kue dan roti memberikan nilai tambah serta berdasarkan analisis usaha dinyatakan menguntungkan.