Promosi Doktor Program Doktor Ilmu Teknik: I Made Sukarsa

Selasa, 20 Agustus 2019, bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Program Studi Doktor Ilmu Teknik mengadakan Sidang Promosi Doktor atas nama I Made Sukarsa dengan judul Disertasi " FRAMEWORK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ONLINE PADA INSTANT MESSAGING ".

Pada penelitiannya perkembangan teknologi Internet telah memicu pemakaian Sistem Inforrnasi Manajemen (SIM) yang semakin meluas di berbagai bidang. Setelah SIM dibangun, perusahaan akan menghadapi ancaman melonjaknya jumlah akses dari pemakai yang memerlukan solusi berbasis load balancing, penjadwalan atau upgrade server. Implementasi dan perawatan memerlukan biaya yang besar. Oleh karenanya diperlukan solusi teknologi yang sederhana dan murah sebagai altematif pengganti layanan online berbasis form pada platform web browser maupun mobile.

Salah satu peluangnya adalah membangun layanan SIM di atas platform Instant Messaging (IM) seperti Line, Telegram dan sebagainya. Terbukanya peluang ini ditandai dengan disediakannya Application Programmable Interface (API) yang memungkinkan adanya integrasi dengan berbagai sistem. Berdasarkan beberapa penelitian, IM telah digunakan untuk pertukaran data antar database, transaksi berbasis keyword dan membangun karakter tokoh. Sampai saat ini belum ditemukan pemanfaatan IM untuk membangun layanan SIM dengan fitur-fitur layaknya sebuah sistem inforrnasi online berbasis web.  

Dengan menggunakan pendekatan Design System Research Methodology (DSRM) dan melakukan modiftkasi terhadap model-model penelitian yang telah ada sebelumnya, penelitian ini telah menghasilkan sebuah framework yang diberi nama Information System on Internet Messenger (ISONER) : Framework ini terdiri dari layanan SIM dan  sistem terdistribusi. Layanan SIM terdiri dari blok konversi bisnis proses, blok Natural Language Processing (NLP), blok memori serta blok Single Sign On (SSO). Layanan sistem terdistribusi memungkinkan ISONER dapat bekerja menghadapi pertumbuhan jumlah pemakai yang semakin besar.  

Framework ini telah diuji dapat berjalan memakai Personal Computer (PC) sebagai server, tidak memerlukan hosting, domain serta dapat berjalan pada bandwidth rendah. ISONER teruji mampu mernberikan nilai recall dan precission mencapai 100%, membangun load balancing di level atomic dengan load time berskala industri, menyediakan kemampuan log aktivitas user serta rollback transaksi dengan save point yang dinamis. ISONER menyediakan interaksi melalui dialog umpan balik dengan memadukan pendekatan Natural Language dan Knowledge Based. Konsep urutan operasi dapat memecah transaksi yang besar menjadi unit kecil-kecil secara bertahap. ISONER juga dapat mewujudkan layanan transaksi dengan data yang terisolasi. Desain blok Queue ln dan Queue Out Manager secara terpisah memungkinkan integrasi ISONER dengan multi IM baik homogen dan heterogen.