SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN AGRIBISNIS “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio-Bisnis”

LATAR BELAKANG

Perubahan global yang disebabkan oleh pertambahan populasi penduduk dan meningkatnya aktivitas pariwisata dan ekonomi akan mengancam keberlajutan pertanian. Keberlanjutan pertanian juga dihadapkan dengan masalah semakin banyak petani yang mengolah pertaniannya hanya untuk mencapai profit maksimum, tanpa memperhatikan aspek ekologi dan sosial.

Idealnya pertanian bukan hanya merupakan aktivitas ekonomi untuk menghasilkan pendapatan bagi petani saja. Lebih dari itu, pertanian adalah sebuah cara hidup (way of life atau livehood) bagi sebagian besar petani di Indonesia. Oleh karena itu pembahasan mengenai sektor dan sistem pertanian harus menempatkan subjek petani, sebagai pelaku sektor pertanian secara utuh, tidak saja petani sebagai homo economicus, melainkan juga sebagai homo socius dan homo religius. Konsekuensi pandangan ini adalah dikaitkannya unsur-unsur nilai sosial-budaya lokal, yang memuat aturan dan pola hubungan sosial, politik, ekonomi, dan budaya ke dalam kerangka paradigma pembangunan sistem pertanian.

Mengingat pentingnya sistem pertanian berkelajutan, Program Magister Agribisnis Universitas Udayana di tahun 2016 akan menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio Bisnis”. Melalui Komunikasi ilmiah yang di sampaikan dalam seminar ini, diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangsih dari dunia akademik dalam mendukung pelaksanaan pembangunan pertanian dan mewujudkan masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik.

TUJUAN 

Seminar nasional dengan tema “Membangun Sistem Pertanian Berkelanjutan Melalui Penguatan Kelembagaan Sosio Bisnis”, bertujuan untuk menyediakan forum diskusi antar perguruan tinggi, peneliti, praktisi, kalangan industri dan pemerintah mengenai isu-isu dan informasi terkini terkait system pertanian berkelanjutan, sehingga diharapkan terwujudnya komunikasi yang bersinergi untuk memberikan sumbangsih dalam mewujudkan masa depan pertanian Indonesia yang lebih baik.

 

PEMBICARA UTAMA

  • Ir.Ida Bagus Wisnuardhana, M.Si (Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Bali).
  • Prof. Dr.Ir. Masyhuri (Guru Besar Fakultas Pertanian UGM).
  • Prof. Dr.Ir. Wayan Windia,SU (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana/Ketua Pusat Kajian Subak Universitas Udayana).
  • Prof. Ir. Ratya Anindita, MS., Ph.D (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)

WAKTU DAN TEMPAT

Hari & Tanggal         : Sabtu 19 November 2016

Waktu                         : 08.00 – 16.00 wita

Tempat                  : Aula Pascasarjana Lantai 3 Universitas Udayana,

                                  JL.PB Sudirman Denpasar

PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN

 

            Formulir Pendaftaran dapat di download di web Pascasarjana UNUD dan formulir yang telah di isi di kirim kembali ke email panitia arisenakorri@yahoo.co.id  atau gedekorri@gmail.com

 

No Peserta Biaya (Rp)
1 Pemakalah 350.000
2 Non Pemakalah 250.000
3 Poster 250.000
4 Peserta 100.000

                                     

          Pembayaran biaya seminar dapat dilakukan secara langsung ke sekertariat panitia atau melalui transfer ke:

  • No Rekening : 0017-01-000479-53-1
  • Atas Nama : Gede Mekse Korri Arisena
  • Bank : BRI

          Panitia tidak mengembalikan biaya pendaftaran jika terjadi pembatalan mengikuti seminar

          CONTAC PERSON

  • Gede Korri (081944964138)
  • Wulandira (08123625151)
  • Udayani (081338976699)

arisenakorri@yahoo.co.id  atau gedekorri@gmail.com

Formulir Pendaftaran dan Brosur Seminar dapat Download dibawah ini

format-abstrak

formulir-pendaftaran-pesertar

template-poster

browsur

brosur-depanbrosur-belakang