Workshop "GPS-Mapping training for Integrated Coastal Conservation Projects"

Jumat, 22 maret 2019 Pascasarjana Unud menggelar workshop "GPS-Mapping training for Integrated Coastal Conservation Projects" bertempat di Taman Nasional Bali Barat. Acara diadakan mulai tanggal 22 - 24 Maret 2019 dan dibuka oleh Direktur Pascasarjana Unud.
 
Kegiatan ini merupakan kerjasama Program Pascasarjana dengan Fulbright Host Engagement Project. Workshop dipandu oleh Sanjay Pyare, Ph.D yang merupakan peserta U.S. Fulbright Scholar Indonesia, sekaligus Profesor Ilmu Lingkungan dan Geografi dari University of Alaska Southeast. Sanjay Pyare, Ph.D tinggal di Bali selama enam bulan untuk melakukan penelitian dan membagikan ilmunya kepada civitas akademika Universitas Udayana, salah satunya melalui kegiatan workshop ini yang diisi dengan pelatihan GPS dan pemetaan biodiversity wilayah pesisir.

Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes mengatakan workshop dilaksanakan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan teknik GPS dan pemetaan biodiversity di wilayah pesisir. GPS Mapping Training dilaksanakan di Balai Taman Nasional Bali Barat, yang kemudian diaplikasikan langsung di berbagai wilayah pesisir Bali Barat, seperti Pantai White Sandy, Teluk Terima, dan Putri Menjangan. Peserta workshop diajak mengaplikasikan GPS dan memetakan biodiversity burung, manggrove, tanaman daratan, dan biodiversity coral. Tidak hanya itu, menurut Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc.,Ph.D, pemetaan juga dilakukan untuk melihat cemaran plastik di wilayah pesisir Bali Barat. 

Sanjay Pyare, Ph.D merasa senang dapat berbagi ilmu dengan seluruh peserta workshop. Ia berharap ilmu yang ia bagikan kepada peserta dapat memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen.

#tnbb #tamannasionalbalibarat #aminef #Fullbright #UAS #UniversityofAlaskaSouthest