Gede Suhartana : " KEYBOARD AKSARA BALI SMART BERBASIS ERGONOMI MENINGKATKAN KUALITAS LUARAN PROSES PELATIHAN PENGETIKAN NASKAH BALI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMPUTER FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA "

Selasa, 9 Agustus 2016. Program Pascasarjana kembali mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor atas nama Promovendus I Ketut Gede Suhartana, S.Kom., M.Kom dari Program Doktor Ilmu Kedokteran dengan disertasinya yang berjudul " KEYBOARD AKSARA BALI SMART BERBASIS ERGONOMI MENINGKATKAN KUALITAS LUARAN PROSES PELATIHAN PENGETIKAN NASKAH BALI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMPUTER FMIPA UNIVERSITAS UDAYANA ". Acara sidang ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K)

IMG_1293Dalam disertasinya dinyatakan bahwa Komputer sebagai alat bantu manusia telah banyak digunakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Sebagai contoh adalah pada pengetikan naskah dengan aksara Bali. Keyboard yang tersedia sekarang ini tidak ada yang khusus digunakan untuk pengetikan naskah Bali. Pada penelitian pendahuluan ditemukan bahwa pengetikan naskah dengan aksara Bali menimbulkan beban kerja, beban otot lengan bawah dan tangan, beban kognitif (kecepatan, ketelitian, dan konstansi), kelelahan dan penilaian hasil belajar kognitif Oleh karena itu pendekatan ergonomi melalui pendekatan SHIP dan TTG untuk menciptakan desain alat yang ENASE untuk meningkatkan kualitas luaran proses pelatihan pengetikan naskah Bali yang dinilai dari menurunnya beban kerja, beban otot lengan bawah dan tangan, beban kognitif (kecepatan, ketelitian, dan konstansi), kelelahan dan meningkatnya hasil belajar kognitif

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experiment dengan rancangan randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang terdiri dari 23 orang pada kelompok kontrol bekerja dengan menggunakan keyboard QWERTY dan 23 orang pada kelompok eksperimen yang bekerja dengan keyboard aksara Bali smart berbasis ergonomi. Penelitiaan dilakukan selama 5 hari dari pukul 08.30 wita s.d. 14.00 wita. Data variabel yang diuji pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dibandingkan dengan menggunakan teknik analisis independent-samples t-test dengan tingkat kemaknaan p=0,05.

Hasil analisis uji beda penggunaan keyboard aksara Bali smart berbasis ergonomi diperoleh peningkatan kualitas luaran proses dilihat dari penurunan denyut nadi sebesar 11,48%, penurunan beban otot lengan bawah dan tangan sebesar 50,02%, penurunan beban kognitif ditinjau dari kecepatan sebesar 5,80%, penurunan beban kognitif ditinjau dari ketelitian sebesar 76,45%, penurunan beban kognitif ditinjau dari konstansi sebesar 4,17%, penurunan kelelahan sebesar 18,36% dan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 23,56%.

Pada penelitian ini penggunaan keyboard aksara Bali smart berbasis ergonomi dapat meningkatkan kualitas luaran proses pelatihan pengetikan naskah Bali mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Udayana. (pps.unud/IT)