Pecah Telur, Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana Kirim Mahasiswa untuk Program Double Degree ke Chiba University


Realisasikan pelaksanaan program double degree antara Universitas Udayana dengan Chiba University, Jepang, satu orang mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana yang sudah lulus seleksi tes untuk program ini, sudah tiba di Chiba University, Jepang pada 17 April 2023 lalu. Mahasiswa tersebut adalah I Made Oka Guna Antara yang telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Doktor (S3) di Department of Environmental Remote Sensing, Graduate School of Science and Engineering, Chiba University, Jepang mulai 1 April 2023 di bawah Double Degree Program (DDP) antara Chiba University dan Universitas Udayana. Dihubungi melalui media online, Oka mengatakan dia sangat antusias untuk menempuh program DDP ini dari salah satu pusat penelitian remote sensing terbaik di dunia Center for Remote Sensing, Chiba University (CU), Jepang. Ditambahkan juga olehnya, bahwa dia sangat senang mendapatkan kesempatan mengikuti Program Double Degree dari Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL), Pascasarjana, Universitas Udayana (UNUD) dengan Department of Environmental Remote Sensing, Division of Earth and Environmental Science, Graduate School of Science and Engineering, Chiba University, terlebih mendapatkan kesempatan belajar dan dibimbing langsung oleh Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo melalui Laboratorium yang Beliau ketuai (Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory/JMRSL).


Sementara itu Prof Josh, panggilan akrab dari Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo mengemukakan bahwa, Oka mendapatkan beasiswa “Excellent Student Scholarship” dari Chiba University selama satu tahun untuk mendukung penelitian dan studinya selama tinggal di Jepang. Dia akan melakukan penelitian di program Doktor dengan judul “Marine Debris Identification using UAV / Satellite Images and Deep Learning” di bawah bimbingan saya, imbuhnya. DDP merupakan program untuk memperkuat kerjasama penelitian dan pendidikan antara Chiba University dengan Universitas Udayana sebagai sister university. Semoga semakin banyak mahasiswa master dan doktor dari kedua universitas yang mengikuti DDP (DK).