Akreditasi Prodi S2 Teknik Sipil

Denpasar (15/05/2017) -  Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil menerima kunjungan Tim Asesor BAN-PT dalam rangka Asesmen Lapangan. Tim Asesor yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MS dan Dr. Ir. Heru Purnomo diterima langsung oleh Wakil Rektor Unud, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas Teknik, , Kaprodi S2 Teknik Sipil, Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana, dan Unit Sumber Daya Informasi (USDI) Unud.

Akreditasi merupakan proses untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Unud. Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil selama ini terus berusaha meningkatkan kualitasnya. Akreditasi menjadi potret prodi sepanjang tahun yang akan diperbaiki tiap tahunnya, dan masing-masing Program studi sudah mempersiapkan proses ini dengan sebaik-baiknya. Melalui asesmen lapangan, tim Asesor juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada Pengelola Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil dan jajarannya agar pengembangan program studi menjadi lebih baik.

Selain itu, Akreditasi adalah suatu hal penting dan merupakan suatu bentuk pengakuan bagi program studi, karena program studi setidaknya mendapat dua pengakuan, pertama pengakuan dari pemerintah melalui proses akreditasi dan kedua pengakuan masyarakat dalam bentuk minat masyarakat untuk masuk Program Studi. Apabila tidak mendapatkan pengakuan seperti akreditasi, maka berdampak kepada alumni yang kesulitan mendapatkan lapangan pekerjaan karena sebagian stake holder mensyaratkan status akreditasi. Status Akreditasi juga dapat meningkatkan minat calon mahasiswa untuk memilih dan menentukan program studi untuk melanjutkan pendidikan.